Rabu, 02 September 2020

Penggunaan Konsep Dasar Sosiologi dalam Menganalisis Gejala Sosial

Sosiologi berperan penting dalam membantu peneliti untuk menganalisis berbagai gejala sosial dalam masyarakat. Analisis ini, bisa dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi. Misalnya, untuk menganalisis gejala sosial yang menyangkut masalah kenakalan remaja seperti tawuran, maka konsep dasar sosiologi yang dapat digunakan untuk menelaah masalah ini, solidaritas kelompok sosial, kebudayaan yang dianut, hingga perubahan sosial di sekitar remaja tersebut.
 Sosiologi berperan penting dalam membantu peneliti untuk menganalisis berbagai gejala sos Penggunaan Konsep Dasar Sosiologi dalam Menganalisis Gejala Sosial
Source: Pihak Ketiga
Hal-hal itu sangat memengaruhi terjadinya kenakalan remaja di kalangan pelajar. Apalagi solidaritas kelompok & kebudayaan yang dianut oleh suatu kelompok sangat memengaruhi hubungan sosial di antara anggotanya.

Jadi, apabila satu anggota kelompok mengalami masalah maka masalah itu menjadi masalah bersama yang harus dipecahkan & dibela bersama-sama. Tidak heran pula kalau tawuran antarpelajar sering dipicu oleh faktor itu.

Interaksi sosial, kelompok sosial, kebudayaan, & perubahan sosial seperti yang sudah disebutkan merupakan konsep-konsep dasar sosiologi, yang bisa dijadikan dasar untuk mengetahui penyebab terjadinya gejala sosial kenakalan remaja, seperti tawuran. Melalui analisis berbagai gejala sosial dalam masyarakat, kita perlu bisa memahami hubungan sosial yang terjadi di dalam masyarakat tersebut, termasuk hubungan sosial di kalangan remaja yang terlibat kenakalan tadi.

Demikian artikel mengenai penggunaan konsep dasar sosioli dalam menganalisis gejala sosial. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.