Minggu, 26 April 2020

Beda facelift dan all new pada mobil terbaru

Pada mobil keluaran terbaru, kerap kali kita akan mendengar istilah facelift dan all new sebagai embel-embel yang ditambahkan pada nama produk mobil tersebut. Padahal, produk mobil yang baru dikeluarkan tersebut memiliki nama jual yang sama dari produk sebelumnya, seperti contohnya mobil Toyota Avanza, yang kerap mendapat embel-embel All New Toyota Avanza atau New Toyota Avanza pada mobil keluaran terbarunya.

Istilah facelift dan all new ini ternyata tidak hanya embel-embel yang disematkan semata-mata hanya untuk meningkatkan branding saja. Namun, istilah yang disematkan ini ternyata memiliki rujukan terhadap perubahan-perubahan yang dilakukan pada mobil yang baru saja dikeluarkan tersebut.

Biasanya, perubahan-perubahan ini umumnya menyangkut banyak aspek pada kendaraan, mulai dari perubahan pada sisi eksterior mobil, interior, hingga ubahan pada mesin. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi otomotif terkait perbedaan facelift dan all new pada mobil generasi terbarunya.

Untuk mempermudah pemahaman, kali ini ombro mengambil contoh dari produk Toyota Avanza yang memang sudah banyak mengalami perubahan baik facelift, all new, atau new saja pada modelnya. Simak infonya dibawah ini


1. Facelift


Facelift merupakan istilah untuk perubahan yang mengacu pada komponen kendaraan dengan kisaran persentase perubahan sekitar 30% sampai 40% dari model terdahulu. Istilah lainnya yang kerap muncul bersamaan dengan facelift adalah minor change yang artinya perubahan kecil.

Umumnya, perubahan ini hanya terjadi pada bagian eksterior mobil, seperti misalnya, perubahan desain pada lampu depan, bentuk bumper, grill, atau model pada lampu belakang. Perhatikan contoh facelift yang terjadi pada mobil Toyota Avanza tipe 1.3 generasi pertama seperti pada contoh gambar dibawah ini

 kerap kali kita akan mendengar istilah facelift dan all new sebagai embel Beda facelift dan all new pada mobil terbaru

Pada Toyota Avanza generasi 1 FACELIFT, telah terlihat perubahan terjadi pada bagian eksterior depan seperti pada bagian grill radiator serta perubahan pada bentuk dan model bumper depannya. Namun, bentuk bodi mobil secara keseluruhan tidak terjadi perubahan secara signifikan.


2. All New


Istilah All new akan disematkan pada kendaraan terbaru yang memiliki persentase perubahan sebesar 80% hingga 100% dari model terdahulu. Ya, mobil keluaran terbaru yang mendapatkan embel-embel All new ini bisa membuat bentuk kendaraan berubah secara total dari bentuk lamanya.

Ubahan ini umumnya memiliki porsi terbesar pada seluruh bagian eksterior mobil dan sebagian lainnya ada pada bagian mesin serta fitur-fitur terbaru. Bahkan, pada beberapa pabrikan mobil ada yang melakukan perubahan hingga turut merubah jenis mobilnya.

Seperti contohnya pada mobil Toyota Avanza 1.3 generasi 1 dengan Toyota Avanza 1.3 generasi 2 yang tampak seperti pada contoh gambar dibawah ini.

 kerap kali kita akan mendengar istilah facelift dan all new sebagai embel Beda facelift dan all new pada mobil terbaru

Bisa kita lihat bahwa terjadi perubahan hampir di seluruh bagian eksterior mobil mulai dari bumper, grill radiator, desain headlamp hingga bentuk bodi dari mobil Toyota Avanza ini. Bahkan di sektor mesin dan fitur keamanannya pun juga mengalami perubahan besar.

Baca juga :


3. New


Selain dari facelift dan all new, sebenarnya masih ada satu istilah lagi yang juga kerap di sandingkan pada mobil keluaran terbaru. Istilah ini dikenal dengan sebutan "new". Istilah new akan disematkan pada kendaraan keluaran terbaru yang memiliki persentase perubahan sebesar 40% hingga 60% dari model awalnya.

Umumnya, istilah new ini akan disematkan saat terjadi perubahan dari dari facelift satu ke facelift berikutnya sebelum masuk ke perubahan all new. Istilah lainnya yang muncul bersamaan dengan istilah new ini adalah major changes yang artinya perubahan besar (perubahan dari model awal hingga ke model terbaru)

Perubahan ini bisa kita lihat contohnya pada mobil Toyota Avanza Generasi ke 2 yang telah mengalami beberapa facelift, seperti pada contoh gambar dibawah berikut yang menggambarkan perubahan fase facelift I ke facelift II pada Toyota Avanza generasi ke 2

 kerap kali kita akan mendengar istilah facelift dan all new sebagai embel Beda facelift dan all new pada mobil terbaru

Bisa kita perhatikan pada Avanza generasi 2 telah terjadi perubahan 2 kali mulai dari gen 2 awal (pada gambar di sub all new) ke facelift I hingga ke facelift II. Perubahan yang terjadi cukup besar mulai dari perubahan headlamp, grill radiator, hingga bentuk lampu belakang, bumper, dan foglamp. Namun, untuk bodi mobilnya sendiri tidak mengalami perubahan besar seperti yang terjadi pada perubahan dari generasi 1 ke generasi 2.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Info-Otomotif